Rabu, 25 November 2015

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

Apa saja manfaat wudhu bagi kesehatan? Simak selengkapnya.

Salah satu bentuk bersuci yang dianjurkan dalam Islam yaitu berwudhu. Berwudhu tidak hanya dilakukan atau ditunaikan ketika seseorang hendak melakukan ibadah shalat, atau ia hendak memegang al-qur'an dan thawaf saja. Wudhu juga dapat dilakukan kapan saja, baik dalam keadaan berhadas kecil maupun dalam keadaan suci.

Dalam ajaran wudhu terkandung sebuah tujuan dan himah disyari'atkannya wudhu (Maqashid al-syari'ah tabi'ah) yang saat ini telah terbukti kebenarannya. Simak sebagai berikut beberapa manfaatnya:

1.Wudhu sebagai Terapi Akupuntur

Setidaknya paling sedikit ada 493 titik akupuntur yang terkena basuhan air pada saat berwudhu, dimana masing-masing titik apabila dirangsang dapat menstimulir bioenergi yang berguna membangun kesamaan atau keseimbangan di dalam tubuh, sehingga menimbulkan efek terapi.

2.Wudhu menjadikan Pikiran Mudah Berkonsentrasi

Para pakar syaraf (neurologis) telah membuktikan bahwa air wudhu yang mendinginkan ujung-ujung syaraf jari-jari tangan dan jari-jari kaki sangat berguna untuk memantapkan konsentrasi pikiran.

3.Wudhu Menstimulasi Titik Biologis pada Tubuh

Titik biologis mirip dengan titik akupuntur dan efek yang dihasilkan pun sama.

4.Wudhu sebagai Terapi Hydromassage (Pijat Air)

Dalam pengobatan modern dikenal Hydromassage, metoda ini telah lama dikenal oleh Bangsa Mesir, Persia, dan Yunani. Pijat Air banyak dilakukan di pusat perawatan kecantikan, dan ternyata kita dapat melakukannya dirumah dengan berwudhu.

5.Wudhu Mencegah Kanker Kulit

Menurut Mokhtar Salem dalam bukunya "Prayers a Spot for the Body and Soul" menjelaskan bahwa wudhu dapat mencegah kanker kulit. Peremajaan selaput lendir menjadi penting, karena tugasnya adalah menghancurkan kuman,bakteri dan virus, dan dengan wudhu kondisinya akan terjaga baik, sehingga kita akan terbebas dari penyakit kulit termasuk yang paling berbahaya sekalipun yaitu kanker kulit.

6.Wudhu Mencegah Penyakit Pernafasan dan Rongga Hidung

Ada gerakan membasuh  air ke dalam hidung membuat hidung jadi bersih sehingga bebas dari penyakit.

7.Wudhu Mencegah Penyakit Ginjal dan Jantung

Jika kulit memiliki tugas zat-zat racun keluar tubuh kita, sesungguhnya ginjal memiliki tugas pembersih racun di bagian organ dalam tubuh kita. Nah..jika tugas pengeluaran zat racun maksimal pada kulit dengan dibantu wudhu, maka otomatis tugas ginjal pun menjadi lebih ringan. Sedangkan jantung menjadi lebih rileks saat terkena air wudhu.

8.Wudhu Membersihkan Kulit dari Bakteri

Menurut ilmu mikrobiologi, 1 cm persegi kulit kita saja ada yang terbuka, maka kulit dapat mudah dihinggapi lebih dari 5 juta bakteri yang bermacam-macam. Nah..dengan wudhu, semua dapat dikurangi.

9.Wudhu Membuat Kulit Wajah Tampak Cerah dan Bercahaya

Untuk wanita yang selalu ingin wajahnya tidak kusam, maka air wudhu solusinya

10.Wudhu Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Adanya gerakan kumur-kumur membuat kesehatan gigi dan mulut senantiasa terjaga.

Subhanallah... ya Sahabat Ummi, betapa besar manfaat wudhu bagi tubuh kita, maka tidak ada salahnya kita berusaha menjaga wudhu dalam kondisi apapun, meski kita tidak hendak shalat atau mengaji sekalipun, karena selain akan mendapat pahala tubuh kita pun akan menjadi sehat saat kita rajin berwudhu.

##fatimahzahra##

Tidak ada komentar:

Posting Komentar